Sponsor links

Kenapa kita harus mengkonsumsi serat?

 

Banyak-banyak makan serat biar gak gendut. Itu kata-kata yang sering saya dengar, tapi apakah benar manfaat mengkonsumsi serat pangan / fiber hanya agar tidak menjadi gemuk?
dari wikipedia Mak Tami dapatkan pengertian serat sebagai berikut:
Serat pangan, dikenal juga sebagai serat diet atau dietary fiber, merupakan bagian dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat yang memiliki sifat resistan terhadap proses pencernaan dan penyerapan di usus halus manusia serta mengalami fermentasi sebagian atau keseluruhan di usus besar.[1]

Serat pangan mencakup polisakarida, oligosakarida, lignin, serta substansi lainnya yang berhubungan dengan tumbuhan. Trowell et al. (1985) mendefiniskan serat pangan adalah sisa dari dinding sel tumbuhan yang tidak terhidrolisis atau tercerna oleh enzim pencernaan manusia yaitu meliputi hemiselulosa, selulosa, lignin, oligosakarida, pektin, gum, dan lapisan lilin. Sedangkan Meyer (2004) mendefinisikan serat sebagai bagian integral dari bahan pangan yang dikonsumsi sehari-hari dengan sumber utama dari tanaman, sayur-sayuran, sereal, buah-buahan, kacang-kacangan, dsb.
Berdasarkan kelarutannya serat pangan terbagi menjadi dua yaitu serat pangan yang terlarut dan tidak terlarut.

Serat larut adalah jenis serat yang larut dalam air. Saat di dalam tubuh serat larut akan menarik air sehingga membentuk sebuah gel untuk memperlambat pencernaan. Serat jenis ini sangat bermanfaat untuk mencegah diabetes, menurunkan kolesterol dan membantu tubuh kenyang lebih lama. beberapa sumber serat larut diantaranya: Oatmeal, kacang-kacangan, buah apel dan blueberry.

Selain itu ada jenis serat tidak larut, Serat jenis ini tidak larut dalam air, itu artinya serat tidak larut akan melalui proses pencernaan secara utuh. Serat tidak larut berguna membawa makanan melalui sistem pencernaan, sehingga sangat bermanfaat mencegah sembelit. Sumber serat tidak larut diantaranya beras merah, kacang-kacangan, wortel, mentimun dan tomat.

Berdasarkan fungsi dan manfaatnya seratpangan sangat banyak dan akan Mak jabarkan dalam tabel berikut ini:

Nah sudah tau kan pentingnya mengkonsumsi makanan yang mengandung serat...
Semoga bermanfaat...  😉

Komentar

Sponsors Links