Sponsor links

Mengenal Jenis-Jenis Daging Sapi

Sapi yang begitu besar bisa dipotong beberapa bagian, Bermacam-macam jenis bagian pemotongan daging sapi, yang biasanya dibagi untuk cara pengolahannya. Yang paling umum dikenal, misalnya sebagai contoh; daging sapi has dalam atau yang dikenal dengan tenderloin, has luaratau dikenal dengan sebutan sirloin, dan chuck paha depan , dikenal di USA dan Eropa sebagai bahan untuk hidangan steak. Tenderloin adalah bagian yang paling mahal dan merupakan favorit dari para pecinta steak, karena memiliki tekstur paling lunak diantara semua jenis pemotongan lainnya. Sementara itu jika di Indonesia, bagian daging sapi paha depan bagian atas adalah dianggap yang paling bagus untuk membuat bakso, sementara itu potongan tenderloin dan sirloin, dianggap bagus untuk masakan berkuah kental seperti rendang.



Berikut ini adalah jenis-jenis pemotongan daging sapi yang perlu kita ketahui:

1. Has Dalam / Tenderloin

Adalah pemotongan daging sapi yang berasal dari otot utama sekitar pinggang sapi, atau sekitar bahu dan tulang panggul. Has Dalam merupakan bagian yang paling lunak, karena otot-otot didaerah tubuh ini jarang dipergunakan untuk beraktivitas. Jenis ini adalah yang termasuk paling mahal, banyak dimanfaatkan untuk membuat steak karena lebih cepat masak.

2. Has Luar / Sirloin

Adalah pemotongan daging sapi yang diperoleh dari bagian iga, yang juga banyak diolah sebagai steak. Walaupun masuk dalam kelas daging steak dibawah has dalam, namun sirloin ini sangat banyak diminati penggemar steak..



3. Daging sapi paha depan / Chuck

Adalah bagian pemotongan daging sapi yang diambil dari bagian atasnya paha depan. Paling cocok jenis potongan ini adalah untuk membuat bakso, karena lebih kenyal.

4.  Daging Iga / rip

Adalah pemotongan daging sapi yang diambil dari sekitar tulang iga/tulang rusuk sapi. jenis ini juga termasuk sebagai bahan steak yang di sajikan dengan sebutan Steak Ribeye, bisa disertakan juga bagian tulang atau tanpa tulang. Kalau di Indonesia, biasanya dimasak sebagai Sop Iga, iga penyet, dan sop konro.

5. Sandung lamur/ Brisket 

Adalah Potongan yang diambil dari bagian dada bagian bawah disekitar ketiak sapi. Umumnya bagian ini agak berlemak, dan biasanya digunakan untuk Semur sandung lamur khas betawi maupun masakan khas Padang.

6. Sengkel/ Shank 

Adalah potongan daging sapi yang diambil dari kaki bagian depan atas dari sapi, yang umumnya digunakan untuk menghasilkan kaldu, misalnya sebagai bahan dasar sup, soto dan bakso urat.

Yup diatas tadi adalah jenis-jenis Daging sapi berdasarkan pemotongannya yang perlu kita ketahui..

Semoga bermanfaat 😉


Komentar

  1. Paling enak tapi mahal jadi jarang beli tenderloin nih, Mak.
    Akhirnya malah lebih suka iga deh. Iga bakar tuh ... Hmmm nyem nyem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bund tenderloin emang mahall hehehe, Iga bakar enak bund Maknyusss :)

      Hapus

Posting Komentar

Sponsors Links